Manfaat Kuliah Sambil Bekerja



    Bagi sebagian orang yang belum merasakan kuliah sambil bekerja mungkin akan berfikiran bahwa kuliah sambil bekerja itu melelahkan dan dapat mengganggu proses perkuliahan, tapi sebaliknya, bagi orang yang telah melakukannya akan mengatakan bahwa kuliah sambil bekerja itu sangatlah bermanfaat.
   Di negara - negara Eropa kuliah sambil bekerja itu sudah hal yang biasa ditemui, bahkan siswa setaraf SMA disana sudah bekerja atau istilah lainnya adalah part time. Jadi kenapa mahasiswa di negara kita ini masih gengsi untuk kuliah sambil bekerja? padahal kuliah sambil bekerja itu adalah hal yang modern dan sudah biasa ditemui di negara - negara luar, bukankah di negara kita ini masyarakatnya sangat menyukai hal - hal yang modern?
Ditempat saya berkuliah saat ini, 76% (2016) dari mahasiswa sudah kuliah sambil bekerja, mereka mengatakan kuliah sambil bekerja itu menyenangkan. Hal ini tentu berkat saran dari kampus tempat kami berkuliah agar dapat hidup mandiri dan dapat mengubah pola pikir tradisional ( mengharapkan biaya dari orangtua ) menjadi pola pikir modern ( dewasa dan mandiri ).
"Bekerja adalah Jalan Satu - satunya di Dunia ini Yang Memungkinkan Kita Menuju Sukses"

Berikut adalah manfaat dari Kuliah Sambil Bekerja menurut pemikiran saya :

     Kenapa disiplin? didalam bekerja kita harus mematuhi seluruh peraturan perusahaan tempat kita bekerja, tentu kita disini dilatih dalam berdisiplin agar selalu patuh pada peraturan. Tanpa kita sadari, saat kita terbiasa berdisipin ditempat kerja, maka sifat itu juga akan kita bawa kemana - mana karena sudah terbiasa mematuhi peraturan. Jadi kita pasti akan disiplin didalam maupun diluar lingkungan kerja.
"Kemahiran Dapat Diperoleh Dengan Mempraktekkannya"

2. Dewasa
    Kuliah sambil bekerja dapat merubah pola pikir kita menjadi lebih dewasa, mengapa?
karena ditempat kerja kita belajar untuk mengambil keputusan, bekerjasama dalam tim, bersosialisasi, dan bertanggung jawab. Hal tersebut dapat mengubah pola pikir kita menjadi dewasa, dimana kita belajar untuk tidak terburu - buru mengambil keputusan yang bersifat kritis, belajar bahwa kita tidak dapat bekerja sendiri melainkan membutuhkan bantuan orang lain, belajar caranya bersosialisasi dengan orang - orang disekitar kita, belajar untuk bertanggung jawab pada pekerjaan maupun sesuatu yang dipercayakan kepada kita.

 "Genius itu 1% Inspirasi, 99% Cucuran Keringat, Albert Einstein"

3. Pandai Membagi Waktu
    Dengan kuliah sambil bekerja kita tahu caranya membagi - bagi waktu, dimana kita dituntut untuk bisa membagi waktu untuk kuliah, bekerja, dan istirahat.
"Dalam Bekerja Yang Terpenting adalah Produktivitas, Bukan Hanya Sekedar Aktivitas Saja. Tidak Ada Gunanya Tampak Sangat Sibuk Tapi Tidak Menghasilkan Apa - apa"

4. Lulusan Siap Kerja
     Tidak bisa dipungkiri, orang yang telah berpengalaman bekerja memiliki nilai lebih dimata perusahaan, kenapa?
hal itu dikarenakan kita sudah matang, terbiasa menerima tantangan & tekanan, berpengetahuan dan mempunyai keahlian. Tentu ini sangat penting untuk modal kita melamar kerja nanti, dimana kita menjadi lulusan yang telah siap kerja dan berpengalaman.
"Bekerja adalah Jalan Satu - satunya Untuk Menuju Sukses"

5. Meringankan Beban Orangtua
    Mau sampai kapan kita selalu bergantung dan menyusahkan orangtua? tidak malu selalu meminta - minta dari orangtua?
Dengan kuliah sambil bekerja kita dapat meringankan beban orangtua, ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita maupun bagi orangtua.
"Lebih Baik Pulang Kekampung Memberi Daripada Kita Meminta"

Itulah beberapa pendapat saya tentang "Kuliah Sambil Bekerja", jadi kuliah sambil bekerja itu sangatlah penting dan bermanfaat.
jika ada saran atau ada beberapa hal yang ingin ditambahi bisa langsung menghubungi saya atau dapat memberikan saran dikolom komentar.

SUMBER : WWW.KALIDOTCOM.TECH

Komentar